Komodo, Reptil Purba

komodo

Komodo

Komodo yang juga disebut biawak dan juga disebut ora oleh penduduk asli pulau Komodo, merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2 sampai 3 meter. Komodo hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.

Komodo ditemukan oleh peneliti barat pada tahun 1910. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang.

Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil.

Komodo dewasa biasanya memiliki berat sekitar 70 kilogram. Komodo memiliki ekor yang sama panjang dengan tubuhnya. Meski komodo tercatat sebagai kadal terbesar yang masih hidup, namun bukan yang terpanjang.

Komodo memiliki lidah yang panjang, berwarna kuning dan bercabang. Ada sekitar 60 buah gigi yang bergerigi tajam sepanjang sekitar 2.5 cm. Komodo memiliki air liur dengan bakteri mematikan di karenakan air liur komodo sering kali bercampur sedikit darah karena giginya hampir seluruhnya dilapisi jaringan gingiva dan jaringan ini tercabik selama makan
komodo
Komodo
komodo
Komodo
komodo
Komodo
komodo
Komodo
komodo
Komodo
komodo
Komodo
komodo
Komodo
komodo
Komodo
komodo
Komodo
komodo
Komodo
komodo
Komodo
Title : Komodo, Reptil Purba
Description :

Category

Alam (19) Bangunan (8) Binatang (43) Dekorasi (3) Gaya Hidup (1) Imlek (4) Indonesia (12) Lucu (40) Mainan (2) Menarik (85) Misteri (2) Musisi (26) Natal (9) Perempuan (6) Selebritis (6) Seni (8) Sulap (2) Teknologi (4) Transportasi (6) Tumbuhan (2)